Ikhtiar Untuk Istiqomah Dalam Berhijrah


Hijrah itu susah tapi istiqomah jauh lebih susah.

Awal hijrah pasti banyak godaannya. Ya harta, ya cinta. Ditambah lagi menghadapi omongan orang. 

Jadi gimana caranya biar gampang? 

1. Niat hijrah karena Allah SWT. 

Niat adalah awal dari segalanya. Soalnya kalau niat kita karena selain Allah, pasti Allah kabulkan tapi ya hanya sebatas itu dan pastinya susah untuk meraih keberkahan di dalamnya.

2. Jaga lisan, tulisan dan kelakuan. 

Pada saat awal-awal hijrah, misalnya ada seorang akhwat yang terbiasa hidup di keluarga yang suka teriak-teriak. Ngobrol saja terdengar seperti orang bertengkar. Belum lagi saat becanda apalagi marah. 

Saat akhwat tersebut baru 2 hari pake cadar, saat tertawa, ia masih ngakak. Pulang ngaji, di jalan kejadian kaya gitu. Otomatis dikatain, pake cadar ketawanya ngga dijaga.

Nah, yang kena cadarnya kan?

Itu pun temen ngaji yang ngatain. Yang udah lama banget ngajinya. 

Jadi nanti kalau udah lamaan, jangan lupa juga jaga lisan supaya jangan menyakiti hati orang, apalagi yang baru hijrah. Inget aja saat awal kita baru hijrah. Udah banyak kejadian orang baru hijrah, sakit hati sama lisannya yang lebih "senior" lho.

Tulisan juga sama. 
Punya medsos kan? Jangan asal jeplak di lapak orang. Bikin Status juga kalau bisa bahasanya yang halus. Percaya deh, bahasa tulisan itu jauh lebih rumit untuk dipahami ketimbang lisan. 

Jangan sampai terlibat sama berbagai jenis "war". Mom war di media sosial dah banyak banget. 
Seperti 
ASI VS SUFOR, 
ibu rumah tangga full VS ibu rumah tangga yang masih ngantor, 
Istri sah VS Pela ... 
Aduh bikin naik darah tema yang terakhir nih.

Belum aja lagi bahas tentang jomlo war, eh ...

Yang penting tahan diri jangan sampai debat, santuy aja dalam mengemukakan pendapat di tulisan. Soalnya kita kan ngga tau pemahaman agama orang lain itu sampai di mana. Jangan sampai, mau kasih nasihat eh malah nyakitin hati orang. 

Kalau kita sudah menjaga lisan dan tulisan, dua poin ini juga bisa termasuk dalam menjaga kelakuan kalau kita istiqomah di sini, insya Allah nanti Allah bantu jaga kelakuan kita lainnya jadi lebih baik.

3. Buat amalan. Amalan kecil saja yang penting istiqomah. 

Amalan paling gampang misalnya, Istighfar terus dalam hati jangan putus. Insya Allah, lancar segala urusan.

4. Tundukkan pandangan

Pandangann itu bisa jadi awal dari maksiat. Ups ... jangan jauh-jauh mengartikan kata maksiat. Pergi ke warung ngga tutup aurat itu juga udah termasuk maksiat karena melanggar perintah Allah. 

Belum lagi yang keasyikan nge-drakor, ngedorama, ng-india sampai-sampai azan zuhur jam 12 eh sholatnya jam 1 lewat karena alesan tanggung. Lalai itu namanya.

Belum lagi yang liat kpop, idol atau dangdutan ampe pengen ikutan goyang. Masih pengen nyanyi, masih pengen goyang dangdut? Ya gapapa, lakuin aja. Tapi karena udah hijrah, lakuin semua hal itu di dalam rumah dan jangan sering-sering, pelan-pelan ganti murotalan. Ga perlu diupload juga ke medsos. Kalo viral, repot. Karena yang viral tentang kejelekan dan kalau kita menyangkal dengan segala macam dalih, nanti berujung kita jadi keras hati. Rugi.

Jangan lupa jaga pandangan dari gamis-gamis cantik karena memungkinkan kita cenderung memiliki sifat boros, berlaku untuk barang-barang lainnya yah.

Yang paling penting, jaga pandangan dari lawan jenis. Jangan lirak lirik cantik di balik cadar. Karena apa? Jika hijrah saja kita perlu berhati-hati apalagi sama yang namanya nikah. Jangan kejebak menyakiti hati wanita lain beserta anak-anaknya karena kamu memilih menikahi laki-laki yang selama ini bertanggungjawab atas kehidupan dan pendidikan mereka. 

Sabar dan carilah yang berkah dalam segala hal.

5. Bergaul dengan orang-orang yang sholeha. 

Ini udah jelas banget yah. Biar aman dunia akhirat. Cari teman yang mengingatkan kita pada akhirat. Yang bisa meningkatkan amalan. Yang bisa kita ajak ngobrol tentang kebaikan. Teman yang juga bisa membantu kita menutupi aib-aib yang kita miliki setelah kita curhat.

Saya cuma sekedar sharing yah, semoga bermanfaat. Karena saya juga masih tahap belajar. Masih suka ngakak juga kalau kelepasan tapi alhamdulillah ngakaknya di dalam rumah bareng anak-anak. Sekarang Allah membuat saya lebih sering berada di dalam rumah keluar rumah seperlunya aja, karena itu adalah cara yang paling gampang dan nyaman untuk menjaga diri menurut saya.

Komentar